Monday, July 8, 2019

Doa untuk Orang Berangkat Haji

Ilustrasi Doa untuk orang berangkat haji

Bagaimana doa untuk orang berangkat haji agar perjalanannya dimudahkan Allah dan hajinya menjadi haji mabrur? Berikut ini beberapa doa yang ada dalam hadits disertai tulisan Arab, latin dan artinya.

Pada Bulan Dzulqadah, jamaah haji mulai berangkat ke Tanah Suci. Kloter-kloter pertama bahkan mulai berangkat pada awal bulan ini.

Kita yang ditinggalkan atau kita yang melepas jamaah haji dianjurkan untuk mendoakannya. Dan inilah istimewanya Islam, mengajarkan doa pada setiap aktifitas. Sehingga senantiasa ingat dan memohon kepada Allah serta menggantungkan harapan kepada-Nya. Mendoakan orang lain juga menguatkan ikatan ukhuwah dan cinta sesama manusia. Apalagi jika ia adalah orangtua atau keluarga kita.

Berikut ini beberapa doa untuk orang berangkat berangkat haji disertai tulisan Arab, latin dan artinya. Doa ini sama dengan doa untuk orang bepergian (safar).

Doa untuk Orang Berangkat Haji
Doa untuk orang yang berangkat haji ini bersumber dari hadits riwayat Abu Daud dan Ahmad. Ini menjadi doa pertama.



عَنْ عَبْدِ اللَّهِ الْخَطْمِىِّ قَالَ كَانَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا أَرَادَ أَنْ يَسْتَوْدِعَ الْجَيْشَ قَالَ أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكُمْ وَأَمَانَتَكُمْ وَخَوَاتِيمَ أَعْمَالِكُمْ

Dari Abdullah al Khatmi, ia mengatakan, “Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi membekali (memberangkatkan) pasukan, beliau mendoakan (yang artinya): Aku menitipkan agama kalian, amanah kalian dan perbuatan terakhir kalian kepada Allah” (HR. Abu Daud)

عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كَانَ أَبِى عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ إِذَا أَتَى الرَّجُلَ وَهُوَ يُرِيدُ السَّفَرَ قَالَ لَهُ ادْنُ حَتَّى أُوَدِّعَكَ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُوَدِّعُنَا فَيَقُولُ أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Dari Salim bin Abdillah, ia berkata, ketika seseorang yang hendak berangkat safar datang kepada Abi Abdullah bin Umar, ia mengatakan, “mendekatlah padaku, aku akan mendoakanmu sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mendoakan kami (yang artinya): Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah” (HR. Ahmad)

Inilah doa untuk orang berangkat haji, yang diambil para ulama dari doa yang dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Yakni:

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

(Astaudi’ullooha diinaka wa amaanataka wa khowaatiima ‘amalik)

Artinya: Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah.
Jika yang didoakan adalah seorang calon jamaah haji perempuan, maka doanya berbunyi:

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكِ وَأَمَانَتَكِ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكِ

(Astaudi’ullooha diinaki wa amaanataki wa khowaatiima ‘amalik)

Artinya: Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah.

Jika yang didoakan adalah rombongan jamaah haji (banyak orang), maka doanya sebagai berikut:

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكُمْ وَأَمَانَتَكُمْ وَخَوَاتِيمَ أَعْمَالِكُمْ

(Astaudi’ullooha diinakum wa amaanatakum wa khowaatiima ‘amalikum)

Artinya: Aku menitipkan agama kalian, amanah kalian dan perbuatan terakhir kalian kepada Allah.
Demikian doa untuk orang berangkat haji disertai tulisan Arab, latin dan artinya dalam bahasa Indonesia. Doa-doa lainnya bisa dibaca di artikel Kumpulan Doa. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bish shawab

0 komentar:

Post a Comment