Thursday, August 22, 2019

Tanda-Tanda Kanker Serviks

Kanker serviks menjadi salah satu momok menakutkan bagi wanita, Yuk, cari tahu tanda-tanda apa aja sih, yang terjadi kalau seseorang mengalami kanker serviks




Kanker serviks menjadi penyebab kematian nomor satu untuk wanita. 
Kabar baiknya adalah bahwa pemeriksaan rutin dan perawatan lanjutan dapat mencegah sebagian besar kematian akibat kanker serviks. Karena biasanya membutuhkan beberapa tahun untuk sel normal di leher rahim untuk berubah menjadi sel kanker. Maka sangat penting untuk melakukan pemeriksaan rutin, baik dengan tes pap smear atau tes HPV (atau keduanya). 
Kanker serviks jarang terlihat pada wanita yang lebih muda dari 20 tahun, kanker serviks paling sering terjadi pada usia paruh baya. Namun, banyak wanita yang lebih tua tidak menyadari risiko masih ada seiring bertambahnya usia mereka. 

Human papillomavirus (HPV), yang menyebar melalui kontak seksual, menyebabkan kanker serviks. Untungnya, sebagian besar tubuh wanita dapat melawan infeksi HPV sebelum mengarah ke kanker. Tetapi risiko Anda untuk kanker serviks naik jika Anda merokok, memiliki banyak anak, menggunakan pil KB untuk jangka waktu lama atau memiliki HIV.


Hal yang sama pentingnya adalah Anda harus waspada terhadap tanda-tanda peringatan kanker serviks. Mungkin tidak menyebabkan gejala apapun pada awalnya (ketika masih pra-kanker atau kanker awal), tetapi kemudian, dapat mempengaruhi Anda dengan nyeri panggul atau perdarahan vagina. Berikut adalah tanda-tanda kanker serviks. 

1. Kram dan nyeri area kaki 
Ketika leher rahim mulai membengkak, itu dapat menghalangi aliran darah ke kaki. Ini menyebabkan kaki membengkak dan terasa sakit dan pegal. Gejala ini umum terjadi pada tahap awal kanker serviks. 

2. Keputihan berlebih 
Sebagian besar wanita mengalami sedikit keputihan. Tetapi jika cairan Anda berubah secara drastis, bau busuk atau terlihat berdarah atau hijau, tiba-tiba meningkat sedikit, ini juga bisa menjadi salah satu tanda awal kanker serviks.

3. Kencing tidak teratur 
Jika Anda tidak mengalami rasa sakit tetapi penampilan urin Anda atau kebiasaan buang air kecil Anda berubah seperti mengalami kesulitan buang air kecil, Anda harus mendapatkan penanganan segera. Meskipun beberapa perubahan disebabkan oleh infeksi saluran kemih dapat menyebabkan perubahan warna, urin berdarah, mereka juga merupakan tanda lain kanker serviks. 

4. Siklus menstruasi tidak teratur 
Perempuan harus memiliki tingkat konsistensi masuk siklus menstruasi mereka. Jika jangka waktu, frekuensi, atau intensitas menstruasi Anda berubah secara signifikan, itu mungkin merupakan tanda tahap awal kanker serviks. 

5. Nyeri saat buang air kecil 
Jika Anda merasakan nyeri atau sensasi menyengat, atau sesak saat buang air kecil, ini bisa menjadi tanda kanker serviks. Wanita yang memiliki kanker jenis ini menggambarkan beberapa jenis ketidaknyamanan abnormal ketika buang air kecil. Ini biasanya berarti bahwa kanker telah menyebar ke jaringan di dekatnya dan ini membutuhkan perhatian segera. 

6. Nyeri panggul 
Banyak wanita menjadi terbiasa dengan berbagai jenis nyeri panggul, termasuk kram dan sakit saat menstruasi. Itulah sebabnya mengapa banyak wanita mengabaikan gejala khusus ini. Namun, Anda harus sadar ketika rasa sakit di panggul terjadi pada waktu lain. Jika itu terjadi lebih sering atau menjadi lebih parah daripada yang normal bagi Anda. 

7. Pendarahan 
Dari semua gejala yang akan kita daftar, ini mungkin yang paling umum. Jika Anda mengalami perdarahan di antara siklus menstruasi Anda atau jika Anda mengalami pendarahan setelah berhubungan seks, ini bisa menjadi tanda kanker serviks. Wanita yang pascamenopause dan tidak lagi memiliki periode harus benar-benar memperhatikan tanda ini. 

8. Anemia 
Anemia adalah penurunan yang signifikan jumlah sel darah merah dalam plasma darah. Sel darah merah digantikan oleh sel darah putih dari sistem kekebalan tubuh. Kanker serviks diketahui menyebabkan anemia. 

9. Kelelahan 
Gejala-gejala ini dapat disebabkan oleh banyak alasan lain. tetapi sekali lagi, ketika Anda menemukan perubahan terkait penurunan berat badan, buatlah rencana lebih awal untuk mengunjungi dokter. 

10. Nyeri punggung 
Ini adalah gejala lain yang banyak wanita abaikan karena sering menyertai onset siklus menstruasi. Meskipun sakit punggung dapat terjadi karena berbagai alasan, jika Anda mengalami sakit punggung yang tidak dapat Anda jelaskan, maka cobalah untuk mengambil tindakan pemeriksaan.

11. Nyeri saat berhubungan badan 
Jika Anda mulai mengalami rasa sakit selama hubungan badan (dispareunia) ini kadang-kadang merupakan tanda kanker serviks. Ada penyebab lain masalah nyeri saat berhubungan badan, tetapi Anda bisa memastikan ini dengan melakukan pemeriksaan atau pengecekan kesehatan serviks. 

Tentu saja, hanya karena Anda memiliki gejala kanker serviks tidak berarti Anda menderita kanker serviks. Gejala-gejalanya bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti infeksi. Dengan mengenali tanda peringatan kanker serviks, wanita dapat lebih dini melakukan penanganan dan pengobatan. 

0 komentar:

Post a Comment